Garland a.k.a Flag Banner

Pernahkah terpikir untuk membuat hiasan pesta sendiri?

Beberapa tahun lalu, saya pernah datang menghadiri pesta ulang tahun anak usia 6 tahun. Di rumahnya hiasan pesta semuanya nyaris dibuat sendiri. Taman belakang rumah dihiasi garland berwarna-warni yang digunting sendiri oleh anak yang berulang tahun. Mungkin dia lembur selama seminggu demi perayaan ulang tahunnya tapi ini sesuatu yang menarik. Bahkan souvenir yang diberikan pada semua tamu yang datang adalah sebuah cangkir bergambar karya-karyanya. Tiap tamu mendapatkan gambar yang berbeda. Terbayang stok karyanya banyak sekali. Bahkan di akhir pesta ulang tahun, anak 6 tahun itu menjual banyak karya-karyanya yang ada di galeri rumahnya. Ide keren!

Saya sempat melihat harga garland di toko-toko, menurutku cukup mahal untuk sesuatu hal yang sangat mudah dibuat sendiri. Di toko-toko online, garland dijual dengan harga nyaris $7 / piece. Toko-toko yang pernah saya lihat menjual perlengkapan pesta, mereka mematok harga lebih dari Rp. 30.000 per bungkus garland yang berisi hanya 6 jenis gambar. Atau mungkin paling banyak selusin. Akhirnya saya terinspirasi untuk membuat garland kepala binatang yang lebih menarik dan mudah dibuat oleh anak-anak.

Supaya garland yang dibuat bertema menarik dan bermakna, membaca buku sebagai inspirasi awal cukup penting. Waktu itu saya membacakan buku Elmer si Gajah Perca sebagai inspirasi binatang-binatang yang akan dibuat menjadi garland. Bahan yang digunakan pun cukup sederhana. Kertas yang dibuat berbentuk segitiga, seutas tali panjang (bisa manfaatkan tali berkilap jika untuk pesta), dan beberapa bahan lain (bisa juga barang-barang bekas).

Mau coba mengajak anak-anak membuat garland sendiri? Jika anak yang akan membuat garland berusia 2-3 tahun, mereka bisa membuatnya dengan ‘menggambar’ atau menempelkan potongan kertas dengan berbagai macam bentuk, bahan, serta warna yang sudah disediakan. Jika anak berusia 4-5 tahun, tantangan membuat garland perlu ditingkatkan. Saya cukup banyak menggunakan bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Saya juga menggunakan berbagai media warna untuk menggambar di atas permukaan bahan garland berbentuk segitiga (bentuk bisa disesuaikan dengan keinginan).

Bahan-bahan yang saya manfaatkan diantaranya :

  • Stik es krim/sendok es krim
  • Sendok plastik bekas (yang tentunya sudah dicuci)
  • Tutup spidol bekas berukuran kecil
  • Bulu ayam berwarna-warni (dari kemoceng)
  • Kawat bulu warna-warni
  • Sisa-sisa potongan kertas origami bermotif
  • Sisa-sisa potongan kertas warna
  • Sisa potongan kokoru (karton bergelombang)

Yuk, coba membuat garland sendiri. Dan buat perayaan pesta ulang tahun anak lebih bermakna dengan karya yang dibuatnya sendiri.


Leave a Reply