Ketika Bilangan Bertemu Binatang

Pernah merasa sulit mengenalkan lambang bilangan pada anak-anak?

Aku pernah mengajak anak-anak membuat sebuah karya sederhana. Membuat wayang. Tapi wayang ini tidak seperti wayang yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Wayang ini mengajak anak-anak untuk berimajinasi dan mengenal lambang bilangan.

Aku menuliskan bilangan dari 0 sampai 9 yang kemudian dipilih oleh anak-anak. Lalu mereka berimajinasi bilangan tersebut berubah menjadi binatang. Dari lambang bilangan itu anak-anak mengubah bentuknya dengan menggambarnya menjadi binatang. Lucu-lucu. Ada yang mengubah 7 menjadi seekor jerapah pelangi…

Setelah selesai menggambar dan mewarnainya, mereka kemudian menggunting binatangnya. Lalu, binatang-binatang itu ditempelkan pada batang pensil. Spontan anak-anak menggunakan wayangnya untuk berdramatisasi. Mereka melakukan percakapan sesama wayang binatang. Aku kemudian mengenalkan kata ‘dalang’ pada mereka.

Mereka berkelompok dan menyusun alur cerita wayangnya sendiri lalu menampilkan ceritanya di depan teman-teman lainnya. Jadi selain mengembangkan imajinasi dan konsep hitung, karya sederhana ini membantu mengembangkan kemampuan anak-anak berbahasa dan komunikasi.


Leave a Reply