The Very Hungry Caterpillar

The Very Hungry Caterpillar a.k.a Harapeko Aomushi dalam bahasa Jepang adalah salah satu judul buku cerita anak yang cukup fenomenal menurutku. Sejak awal menjadi guru, aku sudah mengenal buku ini. Dan ternyata, buku ini memang menjadi Top 100 buku anak pilihan guru saat bercerita. Buku cerita sederhana karya Eric Carle yang memuat banyak sekali hal yang bisa dipelajari oleh anak saat membacanya.

Awalnya kupikir buku ini hanya bercerita mengenai proses metamorfosis kupu-kupu. Tapi ketika dibaca kembali berulang-ulang, buku ini juga mengajak pembaca belajar berhitung, mengenal urutan hari dalam seminggu, dan memberi wawasan pada pembaca mengenai makanan ulat yang sebenarnya. Jadi, jika orangtua dan guru ingin mengajak anak mengenal konsep-konsep tersebut, buku ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk dibacakan.

Buku ini ternyata sudah banyak diterjemahkan dalam berbagai bahasa, bahkan kabarnya sampai 40 bahasa. Pertama aku mengenal buku ini, aku membacanya dalam versi bahasa Inggris. Penasaran ingin mengoleksi dan akhirnya punya kesempatan untuk membeli versi boardbook-nya dalam bahasa Jepang. Di Jepang, versi boardbook buku ini dibandrol dengan harga 900 yen. Selain diterbitkan dalam berbagai bahasa, buku ini pun dibuat dalam berbagai bentuk. Beberapa bentuk yang sudah pernah kulihat adalah cetakan paperbackboardbook, bigbook,  pull-out pop-up book, dan juga dalam ukuran mini. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan pembacanya. Jika untuk dibacakan pada sejumlah anak yang cukup banyak, maka bigbook bisa menjadi pilihan. Jika akan dibacakan pada bayi, boardbook merupakan pilihan tepat, apalagi jika si bayi ingin ikut langsung membaca sendiri bukunya. Tentu akan lebih aman.

Di tahun 1993, cerita The Very Hungry Caterpillar diadaptasi menjadi acara televisi. Kemudian cerita ini pun dirilis dalam bentuk video, selanjutnya tahun 2004 dirilis dalam bentuk DVD, dan kini kita bisa banyak melihat berbagai versi read aloud dan animasinya di Youtube. Selain cerita The Very Hungry Caterpillar ini, karya Eric Carle lainnya juga ada beberapa yang dibuat animasinya seperti The Very Quiet Cricket dan The Mixed-Up Chameleon.

Jadi, sudahkah kamuu membaca buku The Very Hungry Caterpillar?

 


Leave a Reply